Sekilas tentang RIZOR

Berawal dari usaha meningkatkan kemampuan mesin diesel yang identik dengan lamban, berisik dan merupakan salah satu sumber polusi udara, RIZOR berhasil menemukan teknologi inovatif untuk menyelaraskan kekurangan-kekurangan yang ada pada mesin diesel.

Adapun teknologi yang diterapkan oleh RIZOR adalah penyelarasan tekanan pada ruang injector yang mengakibatkan kerja mesin menjadi lebih ringan dengan dampak positif pada efisiensi bahan bakar.

Dibandingkan dengan mesin bensin, diesel memang diakui lebih sulit ditingkatkan tenaganya melalui “tuning”. Fakta ini yang sering menyulitkan para mekanik tatkala ingin meningkatkan tenaga mesin diesel. Akhirnya ada pihak-pihak yang melakukan penyetelan secara coba-coba yang tentu saja akan berdampak buruk terhadap durabilitas mesin seperti contohnya :

  • Memajukan waktu injeksi (injection timing)
  • Meningkatkan tekanan solar pada ruang katup delivery
  • Meningkatkan tekanan pengkabutan pada nozzle

Menurut RIZOR, langkah-langkah seperti disebutkan di atas, sangatlah tidak aman. Ketika waktu injeksi dimajukan beberapa derajat, maka mesin akan mengalami detonasi (detonation) dan akhirnya akan merontokkan bagian dalam mesin tersebut. Proses detonasi juga dapat terjadi ketika tekanan solar pada ruang tekan katup delivery atau tekanan pengkabutan pada nozzle ditingkatkan melebihi spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrik. Begitu pula ketika jumlah solar yang diinjeksikan ditambah, maka mesin akan menerima beban yang berlebihan dan akan diikuti oleh penebalan asap gas buang. RIZOR dengan pengalamannya selama kurang lebih 30 tahun menjamin tidak akan melakukan kesalahan seperti itu.

Pada mesin Diesel, salah satu perlengkapan yang paling banyak menyedot tenaga adalah pompa injeksinya (Injection Pump). Pasalnya bagian ini memang memikul tanggung jawab yang cukup berat. Selain mendistribusikan bahan bakar dari tangki, bagian ini juga diberi tugas untuk meningkatkan tekanan bahan bakar agar dapat dikabutkan oleh nozzle secara sempurna.

Sayangnya perancang (designer) pompa injeksi seringkali melambungkan tekanan pompa secara berlebihan yang tentu saja kian merugikan tenaga mesin. Hal ini terjadi, menurut RIZOR, disebabkan oleh tidak klopnya pemikiran designer pompa injeksi dengan para insinyur pabrikan mobil seperti contohnya soal kelebihan tekanan bahan bakar di dalam pompa injeksi dari mesin yang memutarkannya. Oleh karena itu, bila saja beban kerja pompa injeksi dapat dikurangi, maka kinerja mesin tersebut dapat secara otomatis meningkat.

Solusi yang dipilih RIZOR adalah dengan menurunkan akumulasi tekanan bahan bakar yang terjadi di dalam pompa injeksi dan men-set ulang ukuran katup penghambat aliran kelebihan solar yang terdapat pada pompa injeksi. Regulator tekanan ini dipasang pada katup kontrol tekanan yang terdapat pada saluran masuk solar pompa injeksi. Regulator tekanan ini ditugasi untuk mengatur tekanan solar sebelum masuk plunger distributor. Karena itu, debit solar yang kembali ke tangki bahan bakar melalui katup penghambat aliran berlebihan harus ditingkatkan agar tekanan solar yang masuk ke ruang plunger tidak berlebihan. Dengan begitu, beban kerja pompa injeksi dijamin berkurang dan tentu saja kerja mesin akan lebih ringan.


KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN PRODUK RIZOR

1. Sistem aliran bahan bakar menjadi sangat terpadu.
2. Perbaikan kinerja mesin yang terlihat dari :
  • Suara yang lebih halus
  • Getaran yang lebih kecil
  • Asap yang lebih sedikit
  • Kinerja keseluruhan mesin yang lebih handal

Semua hal tersebut di atas akan menyebabkan mesin bekerja lebih ringan, lebih baik dan berumur lebih lama.